Jangan pernah kasih pinjaman online ke siapapun

Jangan pernah kasih pinjaman online ke siapapun.
Ke kakak Lo, adik Lo, sahabat Lo, temen Lo, kecuali yang kira2 Lo bisa tanggung walaupun dia belum bisa bayar.
Membantu orang wajib, rela berkorban wajib tapi di manfaatin orang, kita gak wajib nolong mereka.
Karena apa?
Karena kalo kita sendiri gak mampu membayar pakai uang kita sendiri, maka kita akan rugi segala2nya. Ingat kita rugi segalanya.
Pinjol bisa mencemarkan nama baik kita kepada orang yang ada di kontak kita.
Karena nama baik itu segalanya, kita gak bisa ngelamar kerja akibat nama kita yang sudah tercemar, dalam pergaulan pun bisa di kucilkan, di bully bahkan terhina.
Wajar kali orang punya hutang?
Bagi gue wajar itu ada batasnya, wajar yang terhormat itulah yang di senangi siapapun. Jangan sampe orang kita bantu pinjol, dia gak bayar kita yang was was, kita yang gelisah.
Kita di jauhin orang2 seakan2 kita yang butuh.
Berilah pinjaman pada orang lain, yang kira2 kita mampu membayar jika suatu saat ada kemungkinan orang itu gak bisa bayar.
Karena orang saat tidak ada uang, mereka ingat banget bahwa mereka sedang tidak ada uang dan harus dan butuh bantuan agar punya uang.
Sedangkan kalo lagi ada uang, yaaaa terserah mau bayar mau enggak. Karena prioritas mereka2 ini cuma pinjam. Mereka orang yang tidak bisa bertanggung jawab atas kehidupan. Apapun di lakukan jika keadaan mendesak terjadi padanya. Tetapi jika keadaan mendesak terjadi di orang lain karena ulahnya. Mereka pasti tidak mau tahu. 
Kalo kasihan pada mereka lebih baik sedekah, secukupnya, kalo gak bisa ngeluarin uang untuk keperluan mereka jangan coba-coba untuk memberinya.
Kalo mereka maksa kita harus tegas jangan memberi.

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our