Karma ngomong sembarangan saat istrinya hamil


Gue punya temen agak usil sih ya orangnya dari boejank sampe dah nikah, suka banget becanda,suka ngatain orang, suka ngebully juga. Ya bagi gue ini biasa karena gue sendiri ada dimana selalu bertemu orang yang kaya gini.
Waktu itu istrinya lagi hamil, lihat di sosmednya sih udah 7 bulanan, udah kelihatan gede banget ya.
Biasanya kan suami atau istri yang lagi hamil kan kalo ngomong suka hati-hati walaupun aslinya gak karu karuan kalo ngomong.
Temen gue ini suka ngatain temen gue yang satu lagi. Bapak-bapak yang anaknya banyak. Memang si bapak ini hidungnya agak pesek, dari dulu suka di usilin tapi beliau diam aja. Nah, temen gue ini sebut aja bang A, gak ada stopnya manggil dengan panggilan kesayangan 'si pesek', bahkan parah banget kadang suka ngatain 'idung kaya di injek keb*', 'penghisap oksigen ' dll parah banget emang makin hari makan parah. Kita sih gak ada yang tertawa karena sudah biasa dengernya.
Terus salah satu temenku ingetin "eh inget istrimu lagi hamil, mau Lo anak Lo hidungnya kaya si xxx"
Kata dia "eh sorry keturunan gue cakep2 itu udah USG idungnya mancung banget, mau pesek ikutin siapa, bapak emaknya mancung-mancung, cakep2". Hmmm


Begitu lahiran, idungnya pesek banget (lebih pesek dari si bapak yang dia bully tiap hari), aneh sih kalo udah USG hidungnya mancung pas lahiran pesek. Kecuali bapak emaknya atau kakek neneknya punya hidung pesek.
Gue gak ada maksud ngatain orang yang hidungnya pesek lho ya, kadang gue berpikir 'apa karena bapaknya sering ngatain orang mulu? Sedangkan yang di katain biasa aja gak marah gak bales?'.
Sekitar umur anak bang A, 5 bulan, temen2 yang lain lihat anaknya di sosmed. Dan ngasih komentar langsung sambil lihat sosmed, "Bang A kata Lo anak Lo mancung koq pesek, USG dimana Lo?" Dan segenap pertanyaan pedes lainnya.
Si bang A ini menjawab dengan nada rendah dan terbata-bata, seperti ada sesuatu hal yang sedih yang sulit di ungkapkan. Sejak saat itu, bang A agak keliatan lebih diam sih, bahkan kadang kepergok murung tapi tetap aja gaya usil tetap ada cuma berkurang banget.
Manusia emang gak ada yang sempurna yaa, sulit bagi orang yang terlanjur suka usil untuk berhenti usil. Gak ada salahnya di stop sebentar saat masa-masa hamil, secara kita tahu dengan mitos-mitos dari orang tua jaman dahulu, pantangannya apa kalo lagi hamil (gue aja yang belum hamil tahu apa aja pantangannya, masa kalah sama orang non pengalaman kayak gue). Di stop sebentar kan kesananya pasti bisa berkurang sikap buruknya. Yaaa dari pada selancarin hobby membanggakan diri, merendahkan orang lain, lebih baik berdoa, agar di berikan kebahagian dan dinaikkan derajatnya.
Kelihatannya sakit banget kita merendahkan sesuatu yang ada pada orang lain, dan ternyata sesuatu yang sering bang A hinakan itu ada di dalam diri anaknya. Sedih dan sakit pastinya 😑 . Memang banyak berdoa jauh lebih baik dari pada banyakin dosa.

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our