Jurusan akuntansi disuruh jualan pengalaman SMK

Gue ambil jurusan akuntansi keuangan waktu SMK, dari kelas 1 sampai kelas 3 teman sekelas gue itu-itu aja, gak ganti-ganti.
Nah waktu gue kelas 2, semua jurusan termasuk akuntansi di suruh jualan, jualan produk dari suatu perusahaan. Gue lupa ada berapa kali disuruh jualan. Tapi ada yang paling gue inget. Dan di suruh jualan ini juga nantinya dapat sertifikat dari perusahaan yang bekerja sama dengan sekolah kita. Bagus banget menurut gue, kita di suruh jualan, dapat nilai, dapat sertifikat, barang dagangannya kita ambil dulu, dikasih waktu seminggu, jadi minggu depan tepatnya hari senin, uang harus di kumpulkan langsung oleh orang dari perusahaan itu. Dalam hati gue udeh seneng banget, karena gue yakin juga, gue bakal dapat untung. Yang namanya juga jualan ya gak?
Orang dari perusahaan itu sebut aja Bapak A, nah Bapak A dan anak buahnya di dampingi oleh guru gue, membawa plastik gede yang sudah di isi barang yang harus kita jual. Kita di suruh periksa, barang-barang tersebut kesesuaiannya dengan yang beliau jabarkan. Setelah itu beliau membagikan price list, dan keuntungannya, menerangkan harga pasarannya dan beliau bilang kalau kita bisa dapat untung minimal Rp.18.000 jika mengikuti harga price list. Maksimalnya terserah kita, masing-masing strategi penjualan kita.
Agak lemes sih pas bapak A bilang untungnya Rp.18.000, gue kira untungnya Rp 100.000 gitu. Tapi masuk akal sih untung segitu karena yang kita jual hanya 6 item saja (yaitu kurma satu toples, sirup bukan sirup biasa yg sering kita lihat di tv, dan kacang yang bermacam-macam ukuran) dan harganya juga gak sampai Rp.200.000. Gue lupa tepatnya berapa.
Gue sama temen gue kan naik angkot, di dalem angkot kita bahas gimana caranya jualan, orangtua kita sendiri pada banyak kebutuhan gak mungkin orangtua kita beli semua walaupun harganya gak seberapa.
Begitu gue sampe teras rumah, dalam keadaan letih ada brosur yang tanggalnya masih berjalan, brosur itu dari minimarket. Begitu masuk rumah, gue kasih tahu orang rumah kalo itu barang jualan untuk nilai sekolah. Lagi capek gue baca brosur minimarket itu, OMG tambah lemes badan gue sirup yang gue jual sama yang di minimarket beda 3000an. Jauh lebih murah di minimarket 😂 itu cobaan pertama gue, tapi gue gak patah semangat dong😎 dan gue janji bahwa mulai besok gue tawarin tetangga gue.
Keesokan siang setelah pulang sekolah, gue tawarin, ada tuh yang mau beli sirup dan kurma, gue kasih harga price list aja katanya kemahalan bgt (emang si😁), tapi karena kasian sama gue kali ya makanya mereka beli. Nah ada lagi yang nanya harga kacang🥜, gue kasih harga price list, langsung bilang tetangga gue "Elu jualan apa mau ngerampok". Gue bilang "tapi ini price list nya dari sananya mbak"(sambil nunjukin price list). "Lo jual 4500, di warung situ (sambil nunjuk warung), gue beli cuma 2000". Buset cobaan apa lagi ini, gak bisa gue bilang punya gue lebih higienis atau apa karena memang satu merk kita, kalo gue diskon gue bisa babak belur karena untuk 4 kacang kalau kejual sesuai harga, untuk semua kacang, gue cuma untung 2000,beda sama kurma dan sirup, gue untung dari keduanya 16 ribu kalo gue jual sesuai price list.
Akhirnya gue ke warung tersebut dan cuma nanya harga kacang. Bener si mbak calon pembeli gue. Tapi karena kemahalan, dia gak mau. Ada juga si yang mau beli kacang yang di warung 2000, trus gue jual 4500, gak tega sih sebenarnya, harusnya 4500 di warung dia dapat 2 kacang + cashback 500 perak, akhirnya ya udahlah gue ambil resiko, gue kurangin jadi 3500. Tinggal 3 kacang ukuran sedang harga 8 ribu sisa 2 bungkus, yang gede harga 14ribu memang ada 1 bungkus.
Pulang-pulang masih sisa kacang, sampe gue ngadu ke emak gue, dan gue bingung mau jual kemana, karena kacang itu sudah sampe ke warung dengan harga yang lebih murah, bahkan sangat murah dari harga price list gue. Yah namanya aja tantangan jualan, akhirnya tuh kacang di borong sama emak gue, dan emak gue tambah seribu buat samain harga price list yang gue diskon untuk tetangga gue.Gue bilang gak usah, tapi emak gue tetep maksa. Akhirnya gue bener-bener untung 18ribu. Dan barang dagangan gue habis dalam sehari gue jualan. Agak kecewa sih, kecewanya koq bisa kita di kasih price list yang bengkak gitu? Apa untuk buat sertifikat juga kali ya....?
Keesokan harinya gue ketemu ibunya temen gue, yang anaknya ambil jurusan penjualan (jarang ketemu anaknya kalau di sekolah sih), saat gue lewat rumahnya, beliau mengatakan kalau barang dagangan anaknya semua beliau yang beli, karena harganya kurang wajar dengan harga minimarket dekat rumahnya. Dan beliau juga mengeluhkan harga kacang, satu merk tapi harganya ratusan persen lebih mahal dari harga warung, sehingga beliau yang memborong semua dagangan anaknya.
Yah itulah tantangan terberat dan terbesar untuk anak SMK yang paling berat, disuruh jualan, harga bersaing dengan pasar(warung, minimarket),ngerayu tetangga untuk beli,di bilang mark up harga 😅, di ketawain anak SMA, kata anak SMA, "untung gua gak masuk SMK kalo masuk SMK malu dah gua jualan kalo kaya gini". Jujur emang malu jualan kaya gini, pertama pulang ke rumah, di kira bawa bingkisan sama keluarga eh ternyata barang dagangan😂. Makanya kalo gue bawa tentengan dari kantor pake kantong plastik tanpa merk, emak gue suka inget gue waktu jualan pada masa-masa SMK. Itulah pengalaman pertama gue benar-benar jualan, pengalaman pertama gue dapat komisi 😂.
Pengalaman pertama gue tahu istilah mark up harga, istilah komisi. Dan pasang muka melas adalah strategi gue untuk jualan😆. Dagangan dibeli karena kasihan alias karena saling bantu. Ngakak gue kalo inget ini, so kalo ada anak SMK jualan, jarang gue tolak. Itu juga alasan gue sebagai customer kalo lagi ke mall, jarang nolak barang yang ditawarkan SPG atau SPB 😄. Selama jujur dan kita punya uang. Cobalah untuk membeli 😃.


Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our