Hal yang gue kurang suka saat kondangan di non gedung

Beberapa kali aku di undang, ke acara nikahan maupun khitanan. Bahkan tempat acara yang jauh sekalipun aku usahakan untuk datang. 
Berikut ada beberapa hal yang membuat aku merasa aneh ya kalau bisa aku jadikan pelajaran untuk diriku sendiri maupun keluargaku. Seperti inilah diriku agak aneh ada hal-hal yang gak pernah aku temui di dekat rumahku. Heheheh maklum penulis mainnya kurang jauh hehehe.
1. Tempat acara pesta di perempatan jalan raya. Kalau pesta nikahan atau khitanan di jalan raya, dulu saya sering lihat, dan jalan tersebut di tutup di 2 sisi. Dan tempat pesta ini masih di Jakarta, hingga saat ke acara tersebut macetnya luar biasa, di kira ada kecelakaan atau jam pulang sekolah atau lampu merahnya lama ternyata memang ada di perempatan jalan raya yang keempat sisinya di tutup, banyak pengguna mobil dan motor yang berbicara kasar kepada panitia acara, dan kita pun tamu undangan bingung mau parkir dimana. Akhirnya parkir di parkiran yang jauh banget dari acara, dan ke tempat acara jalan kaki cukup jauh. Ya harusnya ga perlu di perempatan juga. Oppps tapi sekarang sudah tidak boleh, buat panggung di jalan raya. Gue solut sama temen gue yang pernah ngundang gue ke acara khitanan anaknya di dalam rumah meskipun hanya bisa di masukin 10 orang. Tapi makan di saat aman, tidak terdengar orang marah dan suara klakson yang bersahutan. 
2. Di sediakan makanan tapi ga boleh di makan, ini di acara nikahan temen kantor di kampung, ada semur daging sapi sama ayam goreng setelah nasi, gue ada di posisi tengah di apit oleh kedua temen gue, nah temen gue yang di depan gue, udah ambil ayam mau ambil daging, langsung panitia yang jagain makanan bilang gini "mbak maaf mbak, kalo sudah ambil ayam gak boleh ambil daging". Temen gue langsung jalan ke menu berikutnya, dan bilang "oh maaf Bu". Lalu gue pun cuma ambil ayam goreng, daging gue lewatin, dan temen gue yang di belakang (senior gue), dia bilang gini "kalo ga buat di makan buat apa ada di sini, ayo Tati kamu makan aja, cobain aja dagingnya", panitia bilang "ya satu2lah kalo ayam, ayam aja kalo daging daging aja, saya yang jaga di sini, itu tugas saya". Temen gue bilang "gak! Saya ga mau kaya gitu saya mau ayam sama daging, atau saya panggil pengantinnya ke sini". Akhirnya di kasih juga tuh daging dengan wajah cemberut. (Selesai cuti nikah, temen gue yang nikahan itu di komplain, kasian si dan ga ada gunanya juga di komplain, coz kan ga bakal nikahan lagi, hehehe) ya kalo kita mau perhitungan sama panitia acara, amplop yang kita kasih,bisa buat makan enak all you can eat di Jakarta koq!
3. Kalau di rumah sendiri kita makan ngedeprok pakai piring dan sendok udah biasa apalagi cuma satu atau dua lauk, akhh biasa banget deh, ga ada yang aneh! Ini gokil banget saat kondangan,pas kita antri kita dapat piring, garpu dan tisu, juga makan dengan duduk di bangku. Nah menu makanannya yang ga semua orang ga jijik gitu. Begitu antri di sayur sop ini, temen gue langsung teriak, sumpah ni temen gue bikin malu, gue tanya kenapa karena dia teriak pas lagi mengayunkan sendok sayur sop, gue berpikir jangan2 ada lalat atau ulat dalam sayur. Pas gue tanya sambil berbisik "ada lalat?". Temen gue bilang "Bukan! Ini di sayur sop ada kepala ayam sama ceker duh gue geli banget mau muntah, mana kepala ayamnya udah agak ancur". Gue sendiri sih cukup geli dengan ceker tapi ga dengan kepala ayam, tapi ga segitunya juga kali teriaknya. Bikin kaget orang, tapi orang kalau merasa jijik kita sulit juga buat nasehatin ya, akhirnya dia ga makan. Kasian si, menurut gue kalau untuk buat sop kondangan gitu di kasih kepala ayam atau ceker, memang terkesan ga kurang sopan sih ya, kalau kepala dan ceker sampe masuk ke sayur. So, jangan sampe deh nambahin kepala ayam atau ceker ayam di sop untuk kondangan, malu sama garpu. Secara kalau makan pakai garpu sudah terkesan ok banget koq.
4. Amplop kondangan di buka di absensi, bahkan ada yang minta kembalian. Nah pas gue dateng gue lihat kaya gitu gue bilang aja, ini ada titipan orang, yang harus saya kasih langsung ke penganten. Kadang baru sampe sini juga udah buat bad mood bgt kalau di tanyain amplop sama yang jagain amplop. Secara gue kan rajin kondangan temen gue yang lain pada nitip. So, gue kasih aja langsung ke pengantennya.

Ada-ada memang entah tradisi atau memang sudah ada aturan dari kedua mempelai. Tapi ya tetap jaga perasaan kedua mempelai ya, ikuti aja aturan yang ada dan tetap jaga sopan santun.

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our