Pekerjaan admin di service centre
Pekerjaan admin di service center alurnya seperti ini, ga semuanya seperti ini sih, tapi umumnya seperti yang saya sebutkan. Karena service centre adalah layanan purna jual barang elektronik, yang melayani reparasi atau service suatu barang, baik dalam garansi maupun sudah lewat masa garansi.
Jika customer datang ke workshop kita, sebagai admin yang kita lakukan adalah:
1. Menyambut customer dengan ramah
2. Mendengarkan dan memahami keluhan customer
3. Memberi tahu customer dan menunjukkan sikap kita yang ingin membantu (karena biasanya customer yang datang ini kecewa produknya bermasalah, walaupun sudah bertahun-tahun pakai). So, kita harus menunjukkan sikap melayani customer dengan sebaik mungkin.
4. Kita tanya (jika produk terlihat seperti baru), apakah barang tersebut masih dalam garansi. Jawaban customer ya atau tidak. Kita infokan jika sudah lewat masa garansi akan dikenakan biaya xxxxx walaupun batal tetapi kalau sudah di cek tetap kena xxx. Jika barang tersebut sudah terlihat lama, langsung saja kita infokan biaya jasanya yang belum termasuk sparepart.
5. Jika customer tidak tahu sudah lewat masa garansi atau belum, kita cek tipe dan nomor seri. Dan minta customer untuk bersabar menunggu.
6. Infokan hasil pengecekan nomor seri tadi ke customer, bahwa barang tersebut masih garansi atau sudah lewat. Dan pastikan tipe dan nomor seri ini sesuai barang yang dijual oleh perusahaan kita. Karena jika beda bisa jadi barang tersebut adalah barang KW yang sangat merugikan perusahaan dan customer (bisa jadi ini laporan luar biasa).
7. Sama seperti pekerjaan admin lainnya, kita buat faktur (isi nama, alamat, no hp,email)dan kasih customer tanda terima barang (jika barang harus ditinggal). Atau faktur copy yang akan dibawa lagi saat pengambilan barang. Dan tegaskan jangan sampai hilang. Pastika faktur sudah ada nomor urutnya yaa..
8. Setelah selesai di cek, kabari ke customer biaya yang dikenakan jika customer ACC, untuk di perbaiki. Bisa lewat telepon ataupun email.
9. Beritahu customer kapan barang bisa di ambil.
10. Jika customer sudah datang untuk ambil barang dan memenuhi administrasinya, kita cocokan tipe dan nomor seri barang milik customer dengan cara memperlihatkannya kepada customer untuk kepada customer, bahwa barangnya tidak tertukar.
Masih banyak tanggung jawab admin service centre. Ini hanya sebagian tugas saat kedatangan customer, untuk menyampaikan masalah yang terjadi pada barangnya.
So jangan heran perlakuan customer ke marketing dan ke service centre beda jauh ya... Hehehehe
Yang bisa kita lakukan adalah melayani, melayani dan melayani....
8. Setelah selesai di cek, kabari ke customer biaya yang dikenakan jika customer ACC, untuk di perbaiki. Bisa lewat telepon ataupun email.
9. Beritahu customer kapan barang bisa di ambil.
10. Jika customer sudah datang untuk ambil barang dan memenuhi administrasinya, kita cocokan tipe dan nomor seri barang milik customer dengan cara memperlihatkannya kepada customer untuk kepada customer, bahwa barangnya tidak tertukar.
Masih banyak tanggung jawab admin service centre. Ini hanya sebagian tugas saat kedatangan customer, untuk menyampaikan masalah yang terjadi pada barangnya.
So jangan heran perlakuan customer ke marketing dan ke service centre beda jauh ya... Hehehehe
Yang bisa kita lakukan adalah melayani, melayani dan melayani....
Comments