Merawat orang tua pasca operasi katarak


Dear All,
Sering kali jika kita lihat di televisi maupun sosial media, banyak orang tua yang terkena katarak. Termasuk ibuku. Sama seperti operasi lainnya, operasi katarak memerlukan perawatan, dan perlu bantuan keluarga pasien untuk merawat pasien di rumah. Ini beberapa cara merawat orang tua kita ataupun keluarga kita saat sudah tiba di rumah (saran dari dokter untuk pasca kurang lebih 2 Minggu -CMIIW- Correct Me If I'm wrong).
1. Pasien tidak boleh menunduk
Yang kita lakukan adalah membantu pasien, mengambil apa yang dibutuhkan atau diinginkannya. Misalnya mengambil obat, menyediakan makanan (menyuapi), minuman, dan mengantarkan atau menuntun pasien ke toilet (karena matanya diperban dan tak boleh nunduk, baiknya dituntun karena takut terjatuh, apalagi di toilet bisa sangat berbahaya).


2. Pasien tidak boleh mandi
Yang kita lakukan adalah mengelap tubuh pasien dengan handuk kecil dan gantikan dengan baju yang bersih.

3. Pasien tidak boleh memasak
Kita yang memasak atau beli makanan jadi (yang menyehatkan).

4. Pasien tidak boleh angkat berat atau menggendong
Yang kita lakukan mengawasi, jangan sampai berat tersebut diangkat pasien.

5. Pasien tidak boleh PUP dengan tenaga (ngeden)
Yang kita lakukan adalah jaga makanan yang di konsumsi pasien agar apa yang dimakan pasien mengandung serat yang banyak. Sehingga melancarkan pencernaan.



6. Pasien tidak boleh terlalu lama di bawah terik matahari (kalau kata dokter jangan panas2san). Ini sama halnya dengan dikatakan memasak, karena asap atau panas bisa menyakiti mata.


7. Pasien tidak boleh tidur miring ke arah mata yang di operasi. Misal mata kiri yang di operasi, maka posisi mata kiri harus ada di atas dan tidak tertindih.
Yang kita lakukan adalah mengganjal kepala dan badan pasien jika ingin tidur miring dengan bantal dan guling.


8. Pasien tidak boleh membuka perban (kecuali jika ingin di teteskan obat, lalu tutup lagi perbannya)
Yang kita lakukan adalah mengawasi jangan sampai pasien membuka perban. Biasanya dokter menyarankan agar datang lagi sesuai jadwal yang di tentukan oleh dokter. Dan salah satunya adalah untuk mengganti perban pada mata pasien.





Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our