HRD interview kandidat di depan karyawan


Gue punya pengalaman yang menurut gue pantas ditertawakan. Malah gue tertawa bareng kandidat lainnya, yang sedang memperjuangkan di posisi yang sama. Kenapa gue bisa tertawa saat ngelamar kerja? Ya ini semua karena ulah dari pihak Perusahaan yang gue lamar, tapi yang namanya rekrut cukup HRD aja dong ya yang kita tunjuk.
Sebelum gue ngelamar kalo ada iklan lowongan gue lihat dulu via google map, perusahaan dan lokasinya. Ya biar ga kena tipu2 juga gitu lho. Sekaligus gue bisa lihat itu perusahaan bonafit apa ga. Perusahaan PT atau perusahaan perorangan (gue lihat ini, karena gue butuh kejelasan Perusahaan dan gajinya). Kalo perusahaan perorangan atau perusahaan kecil dengan iming-iming yang besar kebanyakan nipu, malah minta uang. Makanya gue pastikan dulu kalo perusahaan yang gue lamar ini benar2 bonafit.
Gue ngelamar dan di panggil untuk interview. Ternyata pas sampai sana ga lama gue datang yang lain pun datang. Jadi udah ada kita berdua. Nah pas masuk kita dipersilakan duduk di bangku karyawan yang kosong (kebetulan memang ada 2 bangku). Samping kanan kiri depan belakang gue, ada karyawan lain yang sedang kerja, ada juga yang ngobrol. Agak risih sih, kenapa ga suruh tunggu dimana gitu ya jangan di dekat karyawan kerja. Ada yang bilang siapa yang datang duluan interview duluan dengan Ibu A. "Oh ya saya" kata gue. "Mbak ke Ibu A ya itu mejanya"kata seorang karyawan. Sebenarnya gue udeh males jalanin interview kaya gini coz si Ibu A itu masih satu ruangan sama tempat duduk gue tadi. Mana karyawannya banyak banget dan dempet2tan. Dan gue di interview di antara banyak karyawan. Tanya jawabnya pun seperti ngobrol saat berada di dekat tukang sayur. Ga ada private2nya (dari mulai pengalaman sampai menanyakan gaji). Begitu gue selesai, gue lagi nunggu  grab untuk pulang, di dekat gerbang perusahaan (sampe ga habis pikir, Perusahaan punya gerbang, punya tempat parkir, gedung bertingkat, koq ga ada gitu ruangan mungil untuk tamu). Kandidat yang tadi, ga lama keluar. Gue bilang "Mbak ko cepet banget", "iya ini cepet banget". Ya ampun kayanya ga menghargai banget interview ga ada 2 menit. Akhirnya kita kenalan sambil ngomongin HRD yang menurut kita agak 'gila' cara rekrutnya. Dan beberapa bulan kemudian gue iseng gue buka nama perusahaannya. Disitu ada yang memberikan ulasan dengan bintang satu dan berkomentar "Kalo interview orang, jangan di depan karyawan". Giler ternyata bukan gue dan si mbak saingan gue yang merasa risih, orang lain pun ada yang risih. Kesalahan siapa ya.... Perusahaan dapet bintang satu dari seorang kandidat hanya karena dendam sama cara HRDnya(ya walaupun kandidat tersebut memang salah, ga harusnya komplain di ulasan usaha). Setiap dari kita, setiap nama kita, kita selalu membawa nama yang MEMBESARKAN kita!
Sayang banget, PUNYA NAMA BESAR, tapi memperlakukan orang interview dengan tidak baik. Saya pribadi, merasa meja tempat discuss kami bagaikan gerobak sayur. Risih bukan?

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our