Ga butuh musisi penganggu

Pasti banyak dari kita yang suka nyanyi ya kan?
Tapi apakah kita suka sama lagu yang itu2 aja. Kan ga juga, kadang suka lagu semangat, kadang suka lagu melow, kadang suka lagu daerah, lagu barat, pop, rock,dangdut bahkan keroncong.
Dulu aku tinggal di komplek perumahan (rumah dinas), memang di sana kalo ada yang hajatan suka adain dangdutan atau campur sari dari pagi sekitar jam 9 pagi sampai malam, pernah sampai jam 1 malam. Suaranya kalo posisi panggung di depan rumah kita emang terganggu banget. Tapi, karena tetangga juga sebelumnya minta maaf dan minta tolong. Ya kapan lagi kita sebagai tetangga, menghargai, menghormati dan menolong. Lagi pula acara hajatan tetangga kan ga berkali2 ya gak? Saking mau ngadain acara dangdut atau campur sari merasa ga enak sama tetangga yang merasa tertanggung, yang punya hajat ini bawain makanan. Padahal kalo udah minta maaf dan minta tolong juga sudah cukup.
Beda sama di tempat gue sekarang, deket pinggir kali. Yaaa ampyun tetangga, banyak yang ga tau diri (ga semua lho ya tapi banyak terutama anak ABG). Boleh sih ya mengekspresikan kebebasan, kesenangan, tapi ya toh tau aturan juga. Jangan tiap malam minggu atau malam yang esokkan hari libur nasional selalu bikin acara konser pop, dangdut (gue aja yang gak sakit terganggu, apalagi yang sakit, anak2 kecil, pekerja yang tetap kerja walaupun hari libur, heran gue apa gak kasian mereka). Kalo pun mau tiap hari yang esokkannya libur jangan sampai larut malem lah ya. Ngadain konser, nyanyi lagu sambil teriak2 (padahal udah ada mic🎤), jam 1 malam belum selesai juga. Suara drumnya itu lho yang bikin jantung ikut duh duh duh juga (ga ngebayangin kalo ada yang punya penyakit jantung 😧).
Yang lebih parahnya lagi, ada yang lagi berduka (meninggal) gak jauh dari lokasi konser anak2 ABG, tetap aja nyanyi2. Padahal udah ada bendera kuning, dan ga mungkin mereka ga tau kalo disitu ada yang meninggal (greget deh gue pengen gue suruh telen mic tuh yang nyanyi). Memang kalo disini yang berita duka itu di umumkan  berkali2 dalam kurun waktu beberapa jam. Pagi sudah diumumkan, pagi2 itu juga mereka mulai nyanyi. Nah pengumuman kedua, suara toa masjid barengan sama suara vokalis. Baru keluar kata Innalilahi, langsung berhenti tuh toa masjid karena memang di sambar suara orang nyanyi. (Mungkin di komplain kali ya tuh acara, tapi tetap jalan lagi sampe larut malam), begitu berhenti sebentar baru umumkan lagi berita duka.
Bener2 ga ada toleransinya anak2 ABG. Ambulan bunyi pun nyanyi, ketawa ketiwi (amit2 banget deh).
 "Ini buat yang hari ini lagi galau...." Kata sang vokalis, dalem hati gue, kalo mukul dan maki orang kagak dosa, gue samperin tuh orang, sambil bilang "Tuh dideket loe bukan galau lagi dodol, itu meninggal, ngerti gak loe". Berkali2 ngadain konser di deket rumah warga ga tau aturan. Nyanyi sampe larut malem. Berisik nge-band tengah malem. Kalo mau nge-band deket rumah warga ya loe harus tau diri jangan sering2 ganggu warga tempat loe menjalankan hobby dan bakat loe itu. Kalo tetep mau sesuka loe apa susahnya sih cari tempat yang kedap suara, sewa kek, buat sendiri kek. Dan gue tau yang merasa terhibur yaa teman2 loe juga, sedangkan gue sebagai warga, bagi gue suara dan band loe itu ga berguna, sekarang jamannya udah canggih, kalo mau gue dengerin lagu tinggal buka joox dan pakai headset. Dan kalo pun gue mau nonton konser, tentu gue bakal nonton yang berkelas lha, yang memang suaranya bagus, tempatnya juga ok. Maaf ya gue menghina banget, coz gue ga butuh musisi kaya loe gitu, yang gak bisa hargain orang. Yang maksa banget kita2 untuk dengerin, sampai sakit kepala. Sorry!
Sepertinya anak2 tanggung seperti ini, memang bagusnya mengembangkan bakat mereka dengan bermusik, tapi kudu di kasih pelajaran tentang toleransi juga kali nih orang.
Semoga ga ada lagi konser saat ada orang yang meninggal atau musibah lainnya.
Semoga konser ga sampai larut malam (doain aja).
Semoga ga ada dangdutan sampai larut malam.
Jadilah musisi keren yang tetap menjalankan hobby dan bakat, yang tau diri!, Karena kalo orang sudah tau diri, akan malu untuk menyusahkan orang lain!

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our