Buka usaha dari uang hasil rampok (amit-amit)


Gue sudah berteman lama dengan teman tiga sekawan gue. Sebut aja gue kerja di perusahan A, teman gue yang dua lagi, masing2 kerja di perusahaan  B dan C (panggilan dan nama perusahaan, saya samakan aja ya). So, kita beda perusahaan, tapi kadang kita hangout bareng. Kadang gue minjem ke temen gue si B, kadang temen gue yang di perusahaan B pun minjem uang sama gue. Gue dan si B ini memang saling membantu. Alhamdulillah, punya temen yang baik yahh.
Tiba suatu saat si C datang minjem uang ke gue, untung gue lagi ada dan gue kasih. Udah mau memasuki tanggal yang dia janjikan untuk bayar, dia datang lagi dan minta maaf ke gue kalo dia belum bisa lunasi lusa, dan mau lunasinya bulan depan, tapi dia juga mau pinjam lagi. Ya udah mumpung gue ada, ya gue kasih. Coz gue juga seneng bukan main saat si B bener2 mau bantu gue waktu itu.
Sudah sebulan, gue tagih dia bilang "koq loe ga sabaran sih say, santai aja lagi sama gue mah, rumah gue juga tetep disini"(waduh tanda2 orang galak di tagih utang nih-dalem hati gue). Gue jawab"Oh sorry kalo gue terkesan ga sabar, tapi masalahnya jatuh tempo, kalo belum jatuh tempo, pasti gue sabar". Panjang dan lebar gue berdebat, tapi tetep gue jaga2 biar gue ga nge gas banget saat ngomong sama dia, takutnya dia tersinggung dan ga mau bayar repot dah gue. Gue udeh baik2 malah dia marah dan sampai sekarang belom bayar.
Ya ampyun status di Facebook jalan-jalan  mulu. Pengen banget komentar yang pedes, gue masih jaga diri (dan gue masih mandang adiknya yg sudah ABG dan punya account FB&temenan sama gue), gue gak mau diri gue ikutan kotor gara2 komen2 yang ngerusak sisi kebaikan hati gue. Gue diemin aja.
Beberapa bulan kemudian, temen gue, curhat (ketemuan dan teraktir gue di sebuah resto) dan mengeluarkan kata2 gini ditengah curhatnya "Ti, kita berteman udah lama ya, loe suka bantu keuangan gue, dan Alhamdulillah, disaat loe butuh, gue pun ada. Ga kaya si C, minjem uang sama gue ga balik, belum dibalikin sampe sekarang udah lama lagi"(kaya denger geledek gue, ternyata si C minjem uang juga sama temen gue si B, kepo banget deh gue, gue tanya2 kapan minjem ya, alasannya apa, dan ternyata alasannya beda, tapi pas banget hari dan bulannya yang sama, hanya jamnya yang berbeda). Lanjut gue dengerin curhatan dia "Kadang gue minjemin karena gue ga tega, gue seneng sama orang yang baik sama gue, makanya gue juga berusaha baik sama orang, eh gue pinjemin uang, di tagih gue di musuhin, gue bilang aja 'kalo mau musuhin gue silahkan, yang penting bayar utang loe"(bener juga ya silahkan aja yang punya utang musuhin yang nagih, tapi inget dibayar dan jangan minjem lagi!). Ya namanya dia niat ga mau bayar, kalo sudah dimusuhi pun tidak akan melunasi! Gue hanya bisa sabar2rin si B aja. Dan menyayangkan keburukan si C, yang GAK akan dapet bantuan dari temen2 saat butuh nanti!.
Beberapa bulan berlalu, gue ketemu temen gue yang kantornya masih satu bendera sama temen gue si C, si C ini kerjanya di head office, perusahaan terkenal. Sedangkan temen gue si D ini ga terlalu deket sama gue, si D ngajak gue ngobrol, ternyata dapet info lagi kalo si C ini bawa kabur uang kantor. Gila udah diterima kerja, bawa kabur uang perusahaan. Rampok banget nih gue punya 'mantan' temen. Karena si D tahu rumahnya, akhirnya si C ini di panggil dan disuruh kembalikan, sudah dikembalikan tapi gak utuh (sisanya di suruh angsur). Kaget juga ya orang yang tampaknya bersyukur, senang dapat pekerjaan, ternyata mau hancurkan tempat dia bekerja (amit2), bahaya banget Perusahaan punya karyawan kayak gini. Dan anehnya di saat si C tersangkut hukum, gue dan si B malah mau laporin juga, tapi ya tidak punya bukti (salah ya).
Beberapa minggu setelah si D ceritakan kasus si C, gue pulang dari hangout, dan cap cus ke mall sebelahnya, karena gue mau beli Japanese Food. Saat  gue melewati tempat toko aksesoris (tas, gantungan hp dll) dan disitu ada si C. Gue bilang gini "Loe beruntung ya... ga jujur tapi masih ada yang mau terima loe kerja!". Kata dia "Hah, kerja sama  orang, jangan sensi dong say,,, hutang loe kalo toko gue rame gue lunasi koq, loe liat sendiri toko lagi sepi(tidak akan sukses, usaha yang dimulai dengan modal kejahatan!) eh loe liat deh toko ini namanya toko apa?". Gue liat dan gila ternyata toko itu sama dengan nama lengkapnya. Emang dasar dableg itu si C bukannya malu malah bangga dan ngomong gini "Cakep kan cakep kan, keren ga, loe kalo mau beli disini aja ya, tapi cash, ini usaha pribadi gue" (sue banget dia ga nyadar). Males gue tanggepin orang kayak gini, gue akhiri obrolan dengan doa "Semoga usaha loe lancar ya, tapi jangan lupa kalo usaha loe lancar, balikin tuh duit kantor loe, duit gue dan temen2". Dan mukanya si C berubah langsung Bete dan merah. Hahahahaha
Gilak!!!! abis rampok buka usaha. Jahatnya alami...😆

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our