Penderitaan seseorang bedasarkan jumlah hutangnya

Waktu, ikut acara jumpa penulis 2018. W sangat terinspirasi dengan semua penulis yang hadir. Terutama Pak Nas (ustad Nasrullah) sama kang Dewa (Dewa Eka Prayoga), beliau adalah seorang pengusaha plus penulis. Yang kisahnya benar2 'w banget'. Cerita beliau ada dalam hidup w juga tapi 'dalam skala kecil' ya. Disini aku mau bahas orang yang punya hutang dari yang Milyaran hingga receh tapi dalam kata ibarat ya πŸ˜…dan dalam versi saya πŸ˜‰.
1. Hutang Milyaran (7.7 M), seperti kisah kang Dewa, setiap hari di datangin debt kolektor. Hutang sebesar itu sudah terkenal ibarat terkubur dalam 7 rumah mewah ya guys. Beruntung banget kang Dewa ini mindsetnya cari income aktif meski harus dimulai berjualan ceker ayam pedas. Kang Dewa berhasil menjadi orang yang sukses.











2. Hutang setengah Milyar ini, ibarat jatuh dari rumah mewah 😁, gubrak gabruk sampe piring pada pecah πŸ˜“πŸ˜“πŸ˜“
3. Hutang ratusan juta. Hutang ratusan juta ini, ibarat disenggol mobil sedan πŸ˜„πŸ˜„. Cuma di senggol atau lebih nih 😁
4. Hutang puluhan juta. Hutang puluhan juta ibarat disenggol motor 😌
5. Hutang jutaan ibarat ketimpuk Handphone 😨
6. Hutang ratusan ribu. Ibarat kejatohan sembako 😝
7. Hutang puluhan ribu. Ibarat di timpuk apel fuji se dus
8. Hutang belasan ribu. Ibarat ketumpahan tongseng baru mateng 😨😨😨
9. Hutang ribuan. Ibarat keselek makanan (walaupun cuma seribu tapi ada yang ngomongin tuh πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜œ)
10. Hutang gopean perak. Ibarat di jepret pake karet 😝😝😝😜.

Itulah bebarapa hutang versi w, kata Pak Nas. Orang yang punya hutang BANYAK itu adalah orang yang HEBAT! Kenapa disebut orang yang hebat? Karena kalau hanya orang biasa belum tentu bisa DAPAT PINJAM, dengan angka yang sefantastis itu. Begini, bagi sebagian orang cari pinjaman uang 1 juta itu mudah. Lha orang lain belum tentu mudah mendapatkan pinjaman walau hanya1 juta rupiah! Jangankan 1 juta, pinjam uang 50ribu pun belum tentu ada yang ngasih pinjam!  Orang bisa masuk penjara juga neraka karena hutang. Ingatlah kawanku, hutang itu harus dibayar walaupun kita hanya mampu membayarnya dalam waktu yang sangat lama😨😨😨😒. Bahkan kang Dewa pun menyadari hutang yang begitu banyak jika hanya menjual ceker, sampai kapan akan lunas? SAMPAI KIAMAT PUN TAK AKAN LUNAS!
Belajar dari kisah kang Dewa, kita jangan mengharapkan income pasif untuk menutup hutang, income pasif ini artinya pendapatan dengan hutang. Ya istilahnya gali lubang tutup lubang!. Ga gampang alias teramat susah bahkan harus mewek2 dalam berdoa agar hutang lunas dan harus menghadapi stress berat berkepanjangan. Tak ada yang tak mungkin bagi Allah, selama kita mau berubah dan peduli untuk melunasinya. Kawan, JANGAN MAU BERHUTANG JIKA KITA TIDAK TERDESAK, banyak orang diluar sana yang malamnya kurang tidur, yang dibodoh2hi orang, yang dimaki orang terdiam seakan tak punya harga diri! Mereka terdiam walau ingin melawan ya demi bisa bayar hutang dengan waktu yang lebih lama lagi! Kawan, bayarlah hutang dengan mencari income aktif dan dengan menjalani gaya hidup yang sesederhana mungkin. Kawan, mereka2 yang punya hutang pun belum tentu mereka yang menikmatinya. Kata Pak Nas hutang itu HINA, tapi kalo kita mau melunasinya namanya Amanah!
Kawan, sadarilah boros itu sifatnya syaitan, kita harus yakin Tuhan yang menciptakan kita, maka Tuhan pula yang menjaga kecukupan kita. Selalu ada hikmah dibalik musibah, selalu ada semangat dibalik hikmah, dan selalu ada keberhasilan dibalik semangat!


Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our