Lagi cuti lahiran atau maternity leave malah mau di pecat

Sehari sebelum cuti melahirkan. Temen w pamit dan mohon doa restu sama semua teman dan juga atasan w ini, yang seorang ibu2. Ucapan dan doanya, bener2 menunjukkan seorang atasan yang bijaksana. Dalam hati w 'mungkin begitu ya orang sudah mau punya anak, benar2 dihormati, apalagi sama atasan w yang suka nyeletuk level PEDES MAMPUS ini!'.
Beberapa minggu teman w cuti. Sebagian kerjaan semasa cuti dibagi2, termasuk ke w. Tapi tetap beliau yang kebagian banyak! Secara beliau satu shift sama dia. Beliau bilang kalo kaya gini terus kerjaan bisa ketunda. Akhirnya Boss w,setuju kalo ada pengganti selama teman w cuti. Dan dia adalah anak karyawan sana, sebut aja anak Pak Abang, yang masih fresh graduate. Seminggu kemudian, atasan w bilang sama Pak Abang ini, "Pak gimana anakmu kerja disini aja seterusnya?". Dalam hati w 'what!!!!!'. Pak Abang"ya Bu kalo anak saya kerja disini bagaimana dengan yang lagi cuti?". Atasan w ngomong sambil bisik2. W juga ga berani liat kebelakang, walau penasaran. Sambil bilang "GAMPANG itu mah". Berdua ngomong sambil bisik2 dan Pak Abang ini bener2 nolak. Dan bilang kalo anaknya maunya jadi SPG. Senior w ini kaya 'maksa'. Aneh banget masa atasan w maksa banget sama anak baru biar tetap kerja disitu terus. Parahnya lagi mereka ngomong begitu depan anaknya Pak Abang yang gantiin maternity leave!
Feeling w kuat banget, dalam hati w pasti ada yang mau di cut. W yakinnya teman w yg lagi cuti sih, tapi ga menutup kemungkinan w yang kena. Coz w kerja di sana gak ada family,kalo yg laen kan ada semua! Termasuk yang lagi cuti. 
Ga ada pilihan biar semangat kerja, w tetap berpikir positif dong. Siang2 di tengah hari bolong. Atasan w bilang gini sama w "Ti, bilangin tuh sama temen u gak usah kerja! Jagain anak aja dirumah!". Busyeeet becanda apa benar, w ga tau deh, tapi w sendiri yang ngerasain 'nyes nyes nyes' sambil w ngelus dada ๐Ÿ˜ฃ. 
Saat mereka ngomongin anak baru ini mau di angkat jadi karyawan. Dijanjiin kerja kantoran. Serasa mau w kasih cemilan apa gitu biar makin seru. Ada rasa hopeless juga w, ketika w tau cara berpikir atasan w. Ya gak menutup kemungkinan, w lah yang kena pemecatan itu! W kerja di perusahaan bonafit, ada gaji pokok, um, bonus 3 bulan sekali, dan tunjangan lainnya. Dan, Alhamdulillah w punya Boss yang baik. Tapi atasan w ๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘ , buat w merasa jadi orang rendahan terus dan faktanya atasan w ini orang kepercayaan. 
Orang yang benar2 mau kerja malah mau masuk daftar the next cut! Nah yg jelas2 nolak job sebatas masa cuti orang lain, untuk selamanya. Di rayu terus biar gabung lebih lama. Sampai ketika si anak baru ini ndak masuk kerja, bener2 di telp suruh masuk dan di rayu banget. Kadang w ngiri banget diperlakukan seperti itu. Tapi ya sudahlah. Siapapun yang mau kerja, diterima, kita welcome aja ya sama siapapun termasuk pengganti saya sendiri (kalo seandainya saya yang di cut). Saya welcome atas keberadaannya. Hanya saja w kurang terima atas perlakuan atasan w terhadap teman w ini. Anak Pak Abang ini, ga tau kenapa dia menolak,apa karena dikasih tau Bapaknya, atau memang punya pikiran sendiri apa yang dibilang atasan w adalah sesuatu yang kurang bisa diterima.  Atasan w bukanlah bos, bukan pula seorang manager. Beliau adalah orang yang sudah lama bekerja di sana.
Padahal beliau adalah ibu, seorang ibu yang pernah melahirkan anak berkali2 dan tetap bekerja disana. Sebagai si single kadang w mikir, kenapa beliau tega memperlakukan orang lain seperti itu? Padahal beliau pun tau, buat apa sebenarnya mereka bekerja? Buat kebutuhan juga bukan?
Dalam pertanyaan hati w, akhirnya sebisa mungkin w ungkapin sambil speak2 sama teman w yang masih single juga, berharap atasan w kepancing obrolan w dan komen. W bilang "Eh kita kerja karena memang kebutuhan banyak, apalagi w, sejak keuangan w goncang , w bener2 mau kerja, so emang orang MAU BERTAHAN lama karena ada kebutuhan tersendiri" kata temen w "Iya ya mbak, tapi kalo masih single buat apa juga ada dirumah, mending kita kerja!". Eh atasan w komen (๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ berhasil dh w) "Ti, kalo perempuan kerja lama sampai lama kaya saya karena GAK BETAH DI RUMAH, mending kerja ngabisin waktu disini ga bosen dirumah terus. Ga semua orang kerja, karena KEBUTUHAN,  bisa karena WAKTU LUANG, jadi ga semua perempuan kerja itu yang UTAMANYA karena UANG!". W jawab "oh gitu ya Bu". True or fake answer, i don't know! Tapi, banyak temen w yang ketika sudah melahirkan, terlihat sangat sedih jika masuk kerja lagi. Bekerja karena ada kebutuhan yang harus dipaksakan, katakanlah mereka ini, mempunyai mimpi yang besar, hingga mereka pikir tak adil rasanya jika tidak membangun bersama suami.
๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Sudahlah kawan, mari kita berpikir positif. Mungkin benar kata atasan w, kita2 yang perempuan berkerja bukan karena uang,tapi karena saldo ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜„.

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our