Tidak harus datang pagi cairin/claim BPJS Tenaga kerja




Tidak harus datang pagi untuk cairin BPJS tenaga kerja, tidak perlu datang subuh ke kantor BPJS ambil nomor antrian, cukup duduk manis sambil makan pun bisa claim BPJS, di jam berapa pun, bisa. Baik itu karena alasan pensiun ataupun mengundurkan diri. BPJS TK bisa di ambil atau di claim semua jika tenaga kerja sudah tidak bekerja lagi di suatu perusahaan. Ini pengalaman ambil BPJS secara online. Berikut langkah langkah pengambilan atau pencairan BPJS secara online by smartphone tapi pastikan lihat pada aplikasinya kalau bpjsmu tidak aktif ya.
-Persiapkan dokumen yang ASLI, karena untuk di foto dan di scan.
1.KTP
2.Kartu BPJS TK
3.Kartu keluarga
4.Buku rekening (bagian depan yang berisi nomor rekening dan pemilik rekening)



5.kartu keluarga
-Smartphone atau handphone, usahakan jangan lowbatt ya 😊
Download aplikasi BPJSKU atau e-Klaim di aplikasi store, ikuti semua panduan di aplikasi













Download Aplikasi Tab Scanner atau aplikasi pdf lainnya, ini saya gunakan untuk mengubah foto dari bentuk IMG jadi bentuk pdf. Bisa juga pakai jpg. Tapi lebih mudah pdf, ukuran foto mudah di ubah. Karena dokumen kita masuk ke program aplikasi BPJS hanya bisa disimpan dengan ukuran minimal 100KB sampai 1,8MB.




-Foto semua dokumen asli, dan edit di tab scanner,edit ukuran  ubah ke bentuk pdf. Jangan lupa beri nama, di file pdf,caranya tekan yang lama di pdf yang kita simpan kemudian pilih ganti nama.




-Setelah semua selesai periksa kembali apakah yang kita masukan sudah lengkap atau belum, karena kalau belum lengkap di klik simpan pun tak akan menyimpan. Setelah yakin semua selesai klik simpan. Jika sudah tersimpan maka akan dapat balasan email seperti ini:
Menunggu 2 hari kemudian ada balasan email lagi apakah sudah di setujui atau belum.
Kalo sudah dapat email seperti. Kamu tinggal atur waktu paling lama 7 hari setelah email itu datang. Jangan lupa print link F5 sebanyak 2 lembar dan bawa berkas aslinya juga ktp, kartu bpjs ketenaga kerjaan, surat pengunduran diri, kartu keluarga dan buku tabungan. Ga perlu pagi2 amat. Lihat waktu pada email. Beres kan? Gampang kan?
Contoh berkas f5


Akhirnya saya datang sampai sana jam 10an. Dan dapat antrian no.35 dari satpamnya, nunggu ga sampe 10 menit. Dipanggil nomornya trus ga sampe 10 menit juga penyerahan berkas dan verifikasi kelar. Uang akan ditransfer selama 5 hari kerja, paling lambat 14 hari kerja. Yang ga daftar online bejibun, banyak yang belum dipanggil, saya baru duduk 5 menit langsung dipanggil. Amazing!

Ingat yaa untuk klaim BPJS online bisa dimana aja, tapi untuk penyerahan dokumen dan verifikasi tenaga kerja ya kita harus datang. Ga perlu pagi2 amat koq, apalagi antri panjang.

Gimana mudah bukan? Cukup santai dan tenang mengambil hak kita sebagai tenaga kerja. Semoga bermanfaat.😊😊😊



Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our