Asuransi jiwa bisa untuk berobat

Aku udah lama pake asuransi jiwa dan menggunakan BPJS ( dulu jamsostek ), nah yang menarik perhatian aku tuk nulis kali ini cemoohan bagi yang menggunakan asuransi jiwa. Kebetulan ada Bapak2 yang menasehatiku dan kasih tau kalo as.jiwa itu "riba" ada juga yg bilang " buat apa lo pakai as.jiwa, lo aja masih muda?". " Pa asuransi kan ada yg syariah". Terus ajal gak ada yg tahu Pa, meninggalnya kapan, tujuan hidup saya kalo bisa, ga nyusahin orang lain. Lagi pula pemakaman juga kan perlu biaya".  Beliau masih menyanggal " loh kenapa di pikirin itu kan kewajiban yang hidup". "Iya tapi kalo yang hidup (keluarga) punya uang buat biaya pemakaman dan kehidupan ahli waris kedepannya tercukupi, kalo sudah meninggal. Kalo ga, kan kita nyusahin. Jadi beban juga buat yg masih hidup. Kasian juga". Itu sich alasan ku. Sedikit aku jelaskan. Asuransi jiwa juga bisa buat berobat rawat inap, tujuan asuransi pun bermacam2: proteksi, pendidikan, investasi, tabungan, dana pensiun.
Ada juga beberapa asuransi tambahan. Untuk pengobatan dan ataupun operasi yg terdapat dalam polis, termasuk post dan pro operasi.
Di asuransi ku , tiap bulan bayar premi Rp. 375.000 untuk tujuan asuransi "proteksi dan investasi, plan A mayor polis. Kalo mayor polis itu misalkan di rawat inap perhari Rp.400.000 (as.jiwa saya) dr asuransi. Kalo di rumah sakit 4 hari berarti 4x400.000=Rp.1.600.000 itu as.jiwa bayarkan setelah keluar dr rs. Sedangkan untuk biaya masuk kamar rs sudah di cover oleh plan A, jadi mayor polis untuk tambahan asuransi.
Dari namanya kan asuransi jiwa, jadi sangat membantu jika kita lagi butuh pencoveran biaya rumah sakit atau klinik, ingat ya membantu bukan "keuntungan", karena biasanya pengcoveran as.jiwa hanya sebagian(jika sesuai plan, maka seluruh biaya dibayar asuransi). Misalnya total biaya rs untuk penyakit xx Rp.10.000.000, asuransi meng cover Rp.6.000.000, sisanya Rp.4.000.000 pasien yg bayar sendiri. Untuk yang mengambil proteksi dan tabungan. Jangan menghitung dgn cara. Biaya premi di kurangin biaya admin = tabungan anda. Tapi harus lihat juga berapa persentase biaya "akuisisi". Meskipun demikian, untuk proteksi tetap no.1, pengcoveran biaya rumah sakit bisa jauh lebih besar di banding saldo, sejak berlakunya polis. Ayo berasuransi.

Comments

Popular posts from this blog

Mitos Mistis Kacang Panjang

Alasan menjadi resepsionis menyenangkan

Cara baca our